Home > Tips dan Tutorial > Cara Repair Sistem Operasi Windows XP

Cara Repair Sistem Operasi Windows XP

Sistem operasi windows adalah jembatan penghubung antara user atau pengguna komputer dengan aplikasi-aplikasi yang berbasis windows sehingga sistem operasi windows sangatlah penting untuk selalu diperhatikan dan dirawat agar penggunaan sistem operasi windows tetap stabil sehingga aplikasi yang ada di dalamnya tetap bisa dapat digunakan.

Namun tidak selamanya sistem operasi itu berjalan mulus karena banyak faktor yang menyebabkan kerusakan pada sistem operasi baik kerusakan hardware maupun disebabkan oleh software perusak seperti virus.

Artikel kali ini dari blog belajar ilmu komputer tentang bagaimana cara memenfaatkan fasilitas repair sistem operasi windows yang ada sehingga sistem operasi kembali berfungsi normal. Berdasarkan pengalaman, apabila kerusakan masih awal kemungkinan melakukan tindakan repair ini bisa membantu mengembalikan sistem operasi yang rusak, namun apabila kerusakan atau sistem operasi sudah lama bermasalah maka kemungkinan kecil untuk sembuh total sehingga cara terakhir adalah harus memformat ulang hard disk.

Supaya tidak panjang lebar lagi mari kita mulai dengan cara melakukan repair sistem operasi windows ini.

Ada 2 (dua) cara melakukan repair windows xp yaitu hanya memperbaiki file-file sistem yang rusak saja dan repairing semua yaitu termasuk proses pengcopyan semua file setup.

1. Repair Sistem Operasi Windows XP hanya pada file yang rusak/bermasalah

Boot komputer anda menggunakan cd installer windows xp, kemudian pada jendela Welcome to setup terdapat 3 pilihan tindakan yang dapat dilakukanĀ  yaitu :

* To setup windows xp now, press ENTER
* To repair a windows xp installation using recovery console, press R
* To quit setup without installing windows xp, press F3

pilih pilihan kedua yaitu To repair a windows xp installation using recovery console dengan cara menekan tombol R pada keyboard. ketik angka 1 dan tekan tombol ENTER.

Jika sistem operasi windows xp anda dilengkapi dengan password administrator, maka masukan password administrator kemudian tekan enter dan kembali pada prompt C:\WINDOWS>

Cara pertama selesai.

2. Repair semua file

Kita lanjutkan dari langkah 1 di atas yaitu dari jendela Welcome to setup yang terdapat 3 pilihan. Kalau pada repair hanya pada file yang rusak kita memilih tindakan yang kedua, namun untuk memperbaiki secara keseluruhan kita harus memilih tindakan yang pertama yaitu To setup windows xp now, press ENTER.

Tekan tombol ENTER kemudian tekan tombol F8. Selanjutnya muncul jendela yang menampilkan beberapa pilihan tindakan lanjutan dalam repair os windows xp.
Dan salah satu tindakan itu adalah Repair windows xp, pilih repair windows xp kemudian tekan ENTER dan biarkan proses copy file dan proses installasi berlangsung hingga selesai.

Proses repair sistem operasi sudah selesai, selanjutnya reset komputer dan lihat hasilnya.

Categories: Tips dan Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: